Jumat, 07 Mei 2010

Gaya tulisan dan gaya-gayaan

Hari terahir fikom expo 2010 di kampus, sebenarnya sih untuk anak-anak yang mau mendalami dunia jurnalistik, tapi seminar ini dibuka untuk umum dengan pembicara Samuel Mulia. Samuel dikenal sebagai penulis di harian kompas, tepatnya di kompas minggu bagian parodi, hasil tulisannya disukai banyak orang, kemampuan menulisnya tidak perlu diragukan lagi, samuel mulia juga seorang pengamat mode dan fashion. Dalam seminar ini ia lebih banyak memberikan contoh dari kehidupan pribadinya, sehingga lebih mudah dimengerti.

Selain pembicara dan moderator yang ahli pada bidangnya, antusias peserta seminar pun tidak kalah serunya. Mereka bisa bertanya langsung dengan samuel mulia, mengenai jurnalistik, dan gaya penulisan maupun kehidupan pribadinya. Ia sangat terbuka, semua pertanyaan ia jawab dengan lugas dan jelas.

Diawal seminar, sammy begitu biasa ia di panggil, banyak bercerita tentang dirinya, dan yang paling hebat (menurut saya) ia berani mengakui dirinya ialah Homoseksual alias Gay. 1 kalimat dalam artikel yang pernah saya baca tentang dirinya "kalau 'sakit' kenapa malu?"
Semua tulisannya adalah refleksi dari kehidupan nyatanya, "Saya juga korban, karena semua kejahatan di dunia ini pernah saya lakukan. Saya pernah menghujat Tuhan, Alkitab saya injak-injak, saya pernah “main” dengan suami orang, saya pernah menipu, pernah juga ditipu".
Sebelum menulis ia selalu memberi tips yaitu detoksifikas diri (kalau ga salah istilah)
, karena kalau jiwa dan pikiran kita tidak sehat maka eksekusi nya juga akan tidak sehat.

Kalau boleh saya simpulkan, mungkin jika Samuel mulia tidak menjadi penulis ia cocok menjadi seorang motivator, tidak usah dibandingkan dengan motivator-motivator lainnya karena tidak etis saja rasanya. Dengan perjalanan hidupnya yang sudah hampir 5o tahun (kurang 3 thn) bisa di bilang ia sudah banyak memakan garam kehidupan. Setiap kata-kata motivasinya yang ia sampaikan selau ia dasarkan pada firman Tuhan.

btw, sebelum dia pulang saya menyempatkan diri untuk foto bersama.. haha.. kapan lagi bisa foto sama orang top. Buat yang penasaran seperti apa sih Samuel mulia itu.. ni foto-nya..!!




JuLie (",)


Tidak ada komentar: